Cara Menghapus Komputer Dual OS ( Operatsi Sistem )

Kembali kita bertemu lagi, kali ini saya ingin berbagi ilmu mengenai bagaimana cara menghapus Dual OS ( Operating System ) ? Banyak sekali pertanyaan mengenai hal ini, Tapi sebelumnya apa itu Dual OS ? Dual OS adalah komputer atau laptop yang memiliki lebih dari satu Operating System misalnya selain memiliki windows komputer juga memilki Linux atau yang lainya.

Hal ini memungkinkan terjadi karena proses belajar, terutama di kalangan mahasiswa. Tapi setalah itu muncul masalah baru, yaitu bagaimana cara menghapus Dual OS tersebut. Kalau tidak hati - hati ini bisa menyebabkan komputer kita akan rusak sistem nya. Untuk itu tolong sobat semua baca dengan seksama yaa, langkah demi langkahnya jangan sampai malah bikin eror laptop dan komputer sobat semua.

Langsung saja ini langkah - langkahnya :
  1. Pertama yang perlu kita siapkan adalah software EasyBCD (download aja di mbah google ) instal di windows.
  2. Kemudian download juga Minitool Partition ( download juga ) instal juga di windows sobat semua yaaa
  3. Langkah pertama dalam menhapus Dual OS adalah menghapus dulu boot loader nyaa ( Tampilan pertama saat komputer akan menyala, yang milih OS mana yang akan kita gunakan ). Untuk itu buka EasyBCD tadi.
  4. Seperti gambar di atas, pada bagian BCD Deployment klik Write MBR. Pastikan MBR Configuration Options nya ada di windows vista/7 (Karena yang mau di hilangkan adalah selain windows).
  5. Tunggu hingga proses selesai. seperti ini
  6. Setelah selesai coab sobat semua restart komputer kalian, pasti boot loader nya sudah hilang ( pilihan untuk masuk ke OS yang mana ?? ) langsung masuk ke windows kalian.
  7. setelah itu buka Minitool Partition nya....
  8. Pilih tempat dimana OS yang akan dihilangkan, Misalkan kalau serti gambar itu di Q . klik partisi nya kemudian delete. setelah itu apply akan aktif. Kemudian tunggu hingga proses selesai. 
Coba sobat semua restart, Sudah hilang kannn Dual OS nya? Kalau ada pertanyaan mengenai cara menghapus komputer Dual OS ?? Komen saja yaa. kalau sobat ada pertanyaan mengenai trik - trik komputer silahkannnnnnn :)

 sampai jumpa di postingan berikutnyaaaaa

0 komentar:

Post a Comment