Quick Start Laravel 5 ( CRUD part 1 )

Kembali lagi kita bertemu sobat semua, kita lanjutkan postingan yang sebelumnya. Untuk mengingatkan saja, sebelumnya kita telah membuat tabel, models, controller, serta view. Dipostingan ini akan saya jelaskan bagaimana menampilkan data tabel yang telah kita buat sebelumnya, atau dengan kata lain READ ( menampilkan ) data.

Langsung saja yaa sobat semua :

  1. Kemarin kita telah memilki design tabel yang seperti ini .
  2. Selanjutnya coba teman - teman semua isi manual saja, misalkan dengan menggunakan phpmyadmin.
  3. Kemudian kita akan mengedit controllernya. Buka folder laravel kita app/controllers/SupplierController. Edit seperti ini 
  4. Saya jelaskan sebentar yaa tentang gambar diatas. Data tabel yang kita miliki kita tampung di variabel $supplier kemudian kita kembalikan ke index supplier dengan nama variable supplier. ( kalau kurang jelas coba cari penjelasan di mbah google atau komen saja pertanyaan nya )
  5. Kemudian kita tambah kan di route kita, edit seperti ini yaaa
  6. Setalah itu masuk ke folder app/views/supplier/index.blade.php. Kemudian masukkan koding untuk memanggil data seperti ini.
  7. Penjelasan untuk gambar ini banyak sekali tapi intinya untuk menampilkan data tabel yang kita miliki.
  8. Selanjutnya yang perlu kita lakukan adalah melihat hasil koding kita...jangan lupa aktifkan dulu localhost:8000 nyaa. Kemudian ketik di browser kita localhost:8000/supplier ( seperti gambar )
  9. Alamat disesuaikan dengan route nya tadi loo jadi jangan salah besar kecil tulisannya yaaaa

Selamat mencoba yaa sobat semua, teliti dan pentang menyerah serta selalu mencoba merupakan cara terbak dalam belajar pemrograman. Sehingga jam terbang kita dalam dunia koding akan semakin tinggi. hehehe. natikan postingan selanjunya yaaa di Quick Start Laravel 6 ( CRUD part 2 )

Semoga bermanfaat yaaa


0 komentar:

Post a Comment