Quick Start Laravel 1

Laravel merupakan framework php yang akhir - akhir ini mulai tenar dan populer. Laravel sudah masuk dalam frase produksi sehingga bagi pengembang seperti kita akan susah tentunya dalm mengembangkannya. Tenang saja sobat semua, kita dapat mengaturnya. Begini cara mengatur laravel agar dapat kita kembangkan :
  • Kita masuk ke folder bootstrap kemudian pilih file yang bernama start.php.
  • Edit local sesuai dengan nama pc masing - masing sobat semua. seperti contoh nama pc saya adalah orbit.

  • Setelah itu,masuk ke folder app -> config -> local ->database.php . 
  • Edit nama database, username, dan juga password nya. Sesuaikan dengan pengaturan serta database yang sobat semua gunakan. Laravel siap digunakan :)
APA KONSEP LARAVEL ? 
Model-View-Controller (MVC) merupakan sebuah pola desain yang banyak digunakan di pemrograman web modern. Dengan menggunakan pola ini dapat membantu merapikan berbagai aspek aplikasi web kita.

APA ITU MODEL ?
Model adalah cerminan dari sebuah database yang kita miliki. Atau dengan kata keren nya bussnies logic dari aplikasi anda :). File nya terletak di app/models. Saat kita membuat sebuah model, sebaiknya kita sama kan saja dengan nama modelnya.Seperti contoh di bawah ini
Di contoh model diatas menggunakan nama class Mahasiswa dengan file name mahasiswa.php. Nama table mahasiwa yang di tampung dalam sebuah variabel $table. Variable $fillable merupakan wadah dari field - field yang ada di tabel mahasiwa..

Nantikan sharing ilmu selanjutnya di Quick Start Laravel 2

0 komentar:

Post a Comment